Yakin Sudah Dewasa???

Dewasa pada satu hal bukan berarti dewasa di semua hal. Ini yang gue rasain saat ini. Gue ngerasa gue adalah orang terdewasa di antara teman-teman seusia gue saat ini, 21 tahun. Gue punya visi yang cukup jauh, gue punya planning di hidup gue, habis a gue akan b habis b gue akan melakukan c. intinya gue merasa gue beda sama temen-temen gue, yang masih main-main, bucin-bucinan, nongki-nongki daaaaan lain sebagainya.

Tapi ternyata itu aja gak cukup guys, gue masih miskin kedewasaan, sikap, emosional dan perasaan. Hal ini disebakan karena gue sedikiiiiit banget berinteraksi sama orang lain di hidup gue, apalagi sampe intens. Intens dalam arti merasa saling memiliki, merasa saling menjaga, merasa saling peduli dll, ya gue punya lah “sahabat” waktu dulu, tapi arti sahabat dulu dan sekarang jelas berbeda. Dulu itu kemana-mana bareng aja udah di sebut sahabat, ke kantin bareng, berangkat sekolah bareng, semua hal yang dilakukan bareng-bareng lah pokoknya. Tapi kalau sekarang, arti sahabat rumit banget, singkatnya mau menerima baik buruknya kita, ada saat keadaan kita senang maupun susah, selalu support, udah kaya pasangan hidup deh. Dan gue gak pernah punya itu, mau sahabat kek, pacar kek. Gak ada!!!

Gue terbiasa melakukan semua sendiri, banter-banter sama keluarga biasanya sama kakak-kakak gue. You know laah, hubungan kakak-ade ya gitu-gitu aja, karena udah ketemu dari masih bayi merah jadi nothing special, gak perlu ga enakan kalau sama kakak sendiri, ibaratnya gak ada perasaan yang harus di jaga. Tapi beda kalau ke orang lain, sekalipun sahabat atau pacar yaa masih orang lain juga kan?

Ngomong-ngomong tentang “gak enakan”, itulah keburukan yang masih gue pelihara sampe sekarang. Gak enakan, ngebuat gue jadi gak apa adanya sama diri gue sendiri dan orang lain, gue kasih contoh ya. Misalnya gue lagi deket nih sama satu orang, tapi ada hal yang gak gue suka dari sikapnya dia, suka ngeluh misalnya. Btw ngeluhnya dia udah ganggu bgt. Karena gue gak enakan, gue gak berani tuh ngomong sama doi kalau gue gak suka sama orang yang sering ngeluh. Jadi gue tetep baik sama dia seolah-olah gak ada apa-apa, memang gak ada apa apa tapi gue agak sedikit risih aja.  Gue pendem aja tuh semua kegelisahan gue sama dia, tapi semakin gue ngedenger dia ngeluh semakin banyak beban yang gue pendem, lama lama makin penuh sampe akhirnya overload, udah kaya bom waktu suatu saat akan meledak. Dan biasanya kalau udah kaya gini, tindakan yang gue ambil adalah ghosting, hilang tiba-tiba. Karena gue cape nahan itu semua. Tapiiiii cara itu ternyata salah.

Itu namanya gue lari dari masalah, gue pengecut. Dan pergi tiba-tiba dari hidup orang lain itu gak mudah gaes. Kasian doi, kasian perasaan gue juga, yang biasanya ada jadi gak ada, yang biasanya gobrol  seru jadi sepi . Padahal semua itu akan baik-baik aja kalau gue mau terbuka, mau bicara. Oh iya selain gak enakan, gue juga punya perasaan “tidak boleh mengecewakan siapapun”. Naaah udah gak enakan, pengen bikin semua seneng juga. Gila kan?

Selain gak enakan, alasan gue gak mau blak-blakan sama orang juga karena gue takut gue ngecewain orang lain. Se-simpel supir angkot aja gue gak mau bikin doi kecewa karena gue, kacau yaaa.  Ternyata gak ada sama sekali jiwa kedewasaan di diri gue dalam urusan sikap dan sejenisnya, tapi kalau masalah visi gue bisa tuh PD. Intinya, butuh jam terbang untuk jadi dewasa, harus melewati proses. Adanya sebuah cobaan adalah tempat kita untuk banyak belajar, belajar jadi dewasa, belajar jadi bijaksana, belajar sabar, belajar ikhlas dan lain sebagainya.

Semoga cerita ini bisa jadi pembelajaran untuk kita semua ya, gue juga masih sangat butuh belajar, masih miskin ilmu. Tapi saling mengingatkan itu baik kan? Ternyata berhubungan dengan banyak orang itu juga ada ilmu nya guys, bukan cuma sekedar say hi dan selesai. Semoga kita tidak pernah lelah untuk belajar ya, karena dunia selalu berkembang. Kalau kita tidak ikut berkembang nasib kita akan sama dengan dinosaurus, yaitu punah.

Thank you for reading

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syukur kita Berbeda

Hijab dan pelecehan seksual